[MOVIE] Akhir Kisah Cinta Si Doel


Sejak Kamis 23 Januari 2020, Akhir Kisah Cinta Si Doel udah nongol di bioskop2 kesayangan. Tapi berhubung gw ada special screening film lain di hari yang sama, jadi baru hari Minggu 26 Januari 2020 gw tonton itu film. Sebetulnya hubby udah suruh gw nonton Kamis itu siang2. Tapi kan dari pelem nomor 1 ke pelem nomor 2, nontonnya selalu bareng hubby. Jadi gw tunggu bisa barengan deh. Yuk buruan ditonton finale dari trilogi ini yang disutradarai dan ditulis sendiri oleh Rano Karno, biar kejawab gituuuuu semua tanda tanyanya.
Kalo Si Doel The Movie kisahnya seputar pertemuan kembali Doel (Rano Karno) dengan Sarah (Cornelia Agatha) dan anak mereka Dul (Rey Bong), SDTM2 seputar kegelisahan Zaenab (Maudy Koesnaedi), naaaah di AKCSD ini udah harus banget deh mengakhiri kegalauan semua pemainnya. LOL. Dari awal, perasaan kita ikut diajak naik turun bak rollercoaster, sekarang selayaknya lah kita dikasi akhir dari kisah cinta mereka. Bang Doel HARUS memilih.

Gw yakin semua orang yang nonton Si Doel dari awal sampe sekarang, penasaran banget, siapa yang bakal dipilih Doel. Apakah Sarah, istri yang ninggalin dia, tapi gak pernah bercerai dan punya anak usia 14 tahun? Atau Zaenab, istri (walau nikah siri) yang selalu setia, mau jagain Maknyak (Aminah Cendrakasih) yang udah sakit2an, dan sekarang udah ketauan lagi hamil anaknya Bang Doel? Apakah Doel bakal memilih poligami yang sebetulnya sudah dilarang Maknyak? Ataukah Doel memilih menjadi duda dan meninggalkan Sarah maupun Zaenab? Semua akan terjawab di finale ini.

Dikisahkan Dul berlibur ke Jakarta dan tinggal bareng di rumah Si Doel. Kedatangannya jelas bikin Zaenab menguatkan keputusan untuk menyerahkan Bang Doel kembali kepada Sarah. Zaenab yakin Bang Doel masih mencintai Sarah. Zaenab juga nekad meyakinkan Sarah untuk kembali kepada Bang Doel. Di satu sisi, Sarah tetap harus pulang ke Belanda setelah mengantar anaknya ke rumah Doel. Sarah balik ke Jakarta pun punya niat untuk melepaskan Bang Doel dan merelakan Doel jadi milik Zaenab. Gw jelas bisa ngeliat betapa Doel sulit memilih di antara 2 wanita yang masing2 punya tempat di hatinya. Mau curhat ke siapa pula dia? Atun (Suti Karno) dan Bang Mandra (Mandra) kaga bisa nolong lah, wong mereka masing2 punya “jagoan” sendiri2. LOL. Terus, apa yang harus dilakukan Doel? Kegalauan Doel bikin gw gemes lama2. Sikap Doel ke Zaenab dan sikap Doel ke Sarah, datar aja gitu. Jadi gw juga gak bisa tau siapa sebetulnya yang bakal dipilih Si Doel. Gemas maksimal.

Di finale ini, Rey dikasi porsi lebih banyak. Gw cukup puas kali ini ngeliat Rey lebih luwes berakting. Awal2 kaya kaku gitu, sampe gw gak demen banget. Tapi di finale ini, Rey makin bagus aktingnya. Rano Karno tetap menawan dengan kegalauannya, bener2 bikin yang nonton pasti super gemas. Maudy Koesnaedi berakting dengan ciamik. Dari awal sampe finale ini, tetap akting sebagai istri yang mencintai suami, dan keliatan banget kepingin semua berakhir bahagia. Cornelia Agatha gak punya porsi yang banyak di film kali ini, beda dengan di SDTM di mana justru Sarah lebih banyak punya cerita. Suti Karno dan Mandra masih memukau dengan tingkah mereka yang sangat natural. Akting2 para pemeran pembantu juga gak ada yang terkesan asal2an. Cakep deh.

Film ini pada akhirnya mengajarkan bahwa cinta harus memilih. Gak bisa gitu aja menggantung berlama2 karena masih menggalau siapa yang lebih dicintai, tanpa menentukan siapa yang akhirnya bisa bersanding di samping kita. Udah pasti, siapa pun yang dipilih, akan ada pihak yang harus berkorban, akan ada pihak yang akhirnya kecewa. Tapi minimal ada kepastian dalam pilihan kita. Ada jawaban dari semua pertanyaan. Ada akhir dari kisah cinta Si Doel.

Semoga berkenan.

Comments

Popular Posts