[JAPAN] Shinkansen (Bullet Train) from Tokyo to Kyoto Japan

April 2nd, 2018. Seperti yang sudah diketahui *formil amat yes* hahaha gw kaga beli JR Pass buat naek Shinkansen di Jepang. Kenapa? Karena gw cuma 1 kali naek shinkansen. Rugi kalo beli JR Pass. Jadi, di hari ke-6 ini gw check-out dari airbnb, trus menuju Tokyo St untuk beli tiket shinkansen. Antrian cukup panjang tapi lancar. Gak terlalu lama. Sempet gw tinggal hubby krn mo belanja di BAKE Cheese Tart yg ada di stasiun. Beli 3 cheese flavour harga ¥200 sebiji dan 3 strawberry cheese flavour *new flavour* harga ¥250 sebiji. Sekian intermejo. Begitu giliran kita, langsung kasi tau ke bapaknya, kalo kita mo beli tiket shinkansen ke Kyoto. Dan kita mau yg Nozomi, shinkansen yang paling cepat. Nanti bapak itu akan nanya kita mau reserved atau non-reserved seats. Karena harganya beda. Jelas kita pilih reserved. Kena charge ¥14,110. Setelah itu kita pilih jadwal mo jam brp. Semua komplit dikasi tau sama bapaknya. Perjalanan dari tempat beli tiket ke gerbong kereta cukup jauh. Apalagi kaya gw yg dapet gerbong 14. Jadi kalo mo jalan agak santai, jangan beli yang mepet jam-nya dengan jam beli tiket. Jauhin 30 menit lah. Bisa ke toilet dulu, jalan santai, gak terburu2. Sampai di gerbong, antri lagi utk masuk. Tapi kan bakal santai juga, krn udah tau duduk di mana. Posisi kursinya 3 orang dan 2 orang. Jadi sesuaikan saja dengan kondisi yang diinginkan.


IMG_4054


Harap diingat2 kalo tiket ini gak bole sampe hilang. Ini tiket dipake sampe keluar stasiun di kyoto. Errr gw agak lupa ini dikasi ke siapa tiketnya, tapi pokoknya kalo nanti kartu Suica-nya kaga mempan di mesin, langsung ke tempat yang ada petugasnya, trus nanti tiketnya diminta sama dia. Jadi inget jangan sampe ilang ye. Oya, tiketnya itu dipake di mesin yg sama dg mesin utk tap Suica card. Bedanya, tiketnya ini dimasukin ke lubang yg ada di mesin itu, nanti tiketnya keluar lagi di lubang ujung setelah kita lewatin mesinnya. Gampang kok. Ntar juga diajarin kalo gak ngerti. :) Yang penting, jangan di-tap. Gak ngaruh. *pengalaman pribadi hahahaha*


Shinkansen (Bullet train) Nozomi, the fastest Shinkansen, costs ¥14,110 one-way in peak season, and can get you from Tokyo Station to Kyoto Station in about 2 hours and 20 minutes. Hikari, which is slightly cheaper at ¥13,800 one-way, takes a little longer at 2 hours and 40 minutes.


Begitu sampai di gerbong 14 *gerbong reserved dari bapaknya tadi pas beli tiket* kita berdiri antri nunggu shinkansen datang. Kalo udah datang bullet train-nya, ya nunggu dibolehin masuk. Sebetulnya kita agak kepingin ke toilet tp berhubung tadi mesen tiketnya yg mepet jamnya, akhirnya gw larang hubby ke toilet. "NANTI TELAT!!" dengan ekspresi panik sambil lari2 ke gerbong. Ya jadi dia sabar2 menanti aja, berharap di train ada toilet. Gw sih yakin ada, yakale 2 jam org disuruh nahan pipis.


IMG_4457 IMG_4467 IMG_4464 IMG_4463 IMG_4461 IMG_4458


Setelah diperbolehkan masuk, kita lgs ngecek, yaaaay ada toilet!! Hahahaha sungguh norak. Trus berasa keren banget pas masuk. Cieeeee pertama kali naek bullet train. Bulet2 naek bullet train. Makin bulet deh. Tapi sayangnya, di dalam gak ada fasilitas wifi atau entertainment macam film yang bisa ditonton. Gak dapet complimentary makanan juga. Untung gw bawa sandwich dan cookies! *apalah jadinya gw kalo gak ada makanan* Oya, AC-nya pun gak dingin. Entah buat org laen ya, tp gw sama hubby berasa kurang dingin aja. Ya tapi gak sampe panas sih, tp cuma berasa kurang dingin. Dan ternyata cepetnya gak sampe cepettttt banget. Atau krn kita duduk dengan stabil aja ya jadi berasanya gak kelewat cepet. Padahal yang di luar liatnya udah cepet banget hahaha..


IMG_4456 IMG_4063 IMG_4449 IMG_4450 IMG_4451 IMG_4452 544333161.732312 IMG_4067 IMG_4064 IMG_4068


Gw kasi cuplikan video kecepatan shinkansen-nya dilihat dari tempat duduk gw.


[youtube https://www.youtube.com/watch?v=15tZ2VhnzI8]


Thank you for the shinkansen experience, Japan.

Comments

Popular Posts