Piala Maya 2012

Akhirnya sempet juga review Piala Maya (PM) 2012 neh :) Gw sih gk nonton acaranya, berhubung udah ada janji sama hubby. Jadi, gw cuma sempet nongol pas sebelum acara mereka. Terus terang aja, banyak yg gw kaga kenal sih :D Anti dengan sinetron Indonesia sempet bikin gw anti dg Film Indonesia (FI). "Aaaah, paling critanya gitu2 ajah." Gw juga anti nonton FI di bioskop dengan alasan unyu, "Gak ada teks-nya." Hahahahaha


3-nominasi-inti-piala-maya-2012-20121207220001


Nah, sejak bbrp bulan terakhir ini gw aktif lagi di twitter. En gw liat, antusiasme temen2 twitter gw ke FI kok kayanya seru ya. Gw pun penasaran sampe gw follow twitter @FILM_Indonesia en gw banyak ngeliat kalo mrk bener2 punya rasa nasionalisme yg tinggi ya :) Beda bgt sama gw yg anti FI. Gw dulu gk anti lah, tp sejak muncul film2 horror gk jelas, gw males bangetttt.


Pertengahan Desember 2012 gw ngebaca twit kalo bakal ada acara ajang penghargaan bagi insan perfilman nasional, di mana acara itu diadakan di Bridge Function Rooms, samping Aston Rasuna. Wah, deket banget tuh sama apartment gw. Napsulah gw, pingin tau juga, kaya gimana sih kalo acara2 begitu. Sayangnya utk acara nonton2 filmnya gw gk ngeh, baru ngeh belakangan. Udah telat juga buat nontonnya. Jadi ya gw pasrah aja, dateng ke sana gatau apa2.


Gw sendiri gk dpt undangan, cuma via twitter aja. @DanielDokter mengajak gw untuk, "dateng aja langsung!" Okelah, gw sih pede2 aja, asalkan sampe venue, ada yg ngajak gw naik, kalo gk ntar gw kebingungan kan. En bener aja, sang pengundang yg maha sibuk, lupa kalo gw menanti dengan basah keringat di depan tangga ber-karpetmerah. Untung ada @Josep_Xavier yg berbaik hati menjemput diriku di lantai bawah sedang merenung di depan mesin ATM Danamon sambil nunggu dijemput hubby.


20121215_174438 20121215_174526 20121215_174526 20121215_190526


Sampe di venue, gw langsung berfoto2 cantik deh. Sok seleb gitu gw hahahah


20121215_190510 15500_4425619957804_631914192_n


Trus gw juga udah mulai foto2 tempat venue-nya plus acara makan2ya. Gw gak ikutan makan sih, gak enak lah bo. Gw kan cuma iseng2 doank. Eh iya, ada Jajang C. Noer. Gw ud liat pas doi naek eskalator, tp malu mo negor, wong lg basah keringetan gw *sigh*


So, di sinilah ajang penghargaan Piala Maya 2012 dilaksanakan :)


IMG_6597 IMG_6573 IMG_6574 IMG_6575 IMG_6579 IMG_6582 IMG_6587 IMG_6596 IMG_6605


Gw akhirnya juga ketemu dengan bbrp temen forum yg selama ini cuma kenal di dunia maya. Ketemuannya di Piala Maya. Cocok ya hahaahaha.. @AdiWriter @Wito1006 @adithiarangga @ifrul salam kenal semuanya :)


IMG_6591 IMG_6603 20121215_190107


Piala Maya 2012 dengan 100 orang komite pemilihnya yang datang dari segala macam profesi, dari movie-blogger sampai filmmaker, akhirnya mengumumkan para pemenangnya dari 27 kategori yang ada. Udah deh, gak panjang2 lg, lgs aja gw info ya nominasi dan pemenangnya di bawah ini:


Film Fiksi Panjang




  1. ARISAN! 2 (Nia Dinata / Kalyana Shira Film, Add Word Prod, Ezy Prod, MRA Media)

  2. CITA-CITAKU SETINGGI TANAH (Eugene Panji / Humanplus Production)

  3. LOVELY MAN (Teddy Soeriaatmadja / Karuna Pictures)

  4. MATA TERTUTUP (Garin Nugroho / Maarif Institute)

  5. POSTCARDS FROM THE ZOO (Edwin / Babibuta Film & Pallas Film)

  6. RAYYA, CAHAYA DI ATAS CAHAYA (Viva Westi / Picklock Production)

  7. TANAH SURGA, KATANYA… (Herwin Novianto / Citra Sinema dan Brajamusti Film)

  8. THE RAID (Gareth Evans / XYZ Film & Merantau Film)


Film Omnibus




  1. HI5TERIA (Andriyanto Dewo, Nicho Yudifar, Chairun Nissa, Billy Christian, Harvan A / Upi Production dan Starvision)

  2. JAKARTA HATI (Salman Aristo / 13 Entertainment)

  3. KITA VS KORUPSI (Emil Heradi, Chairun Nissa, Ine Febriyanti, Lasja F Susatyo / Cangkir Kopi, TII, KPK, MSI)

  4. PARTS OF THE HEART (Paul Agusta / Kinekuma Pictures)

  5. SANUBARI JAKARTA (Lola Amaria, Andriyanto Dewo, Aline Jusria, Billy Christian, Dinda Kanya Dewi, Sim F, Tika Pramesti, Kirana Larasati, Alfrits John Roberts, Fira Sofiana / Kresna Duta Foundation, Ardhanary Institute, Ford Foundation)

  6. SINEMA PURNAMA (Andra Fembrianto, Ray Nayoan, Radian Kanugroho, Pandu Birantoro / Studio DG dan Imageranium Entertainment)


Film Fiksi Pendek




  1. ALEGORI (Albert Koto)

  2. ANAK KANAL (Narindro Aryo Hutomo)

  3. BUANG (Andri Cung & William Chandra)

  4. GARIS BAWAH (Ray Farandy Pakpahan)

  5. GENDING TENGAH MALAM (Dedy Syah Putra)

  6. KEKAL (Dom Dharmo)

  7. SHELTER (Ismail Basbeth)

  8. UNDEADRIOT (M Faris Rafiuddinsyah)


Film Dokumenter




  1. BURUH SENI (Eden Junjung)

  2. CERITA DARI TAPAL BATAS (Wisnu Adi)

  3. JAKARTARCK (Ari Rusyadi)

  4. MERAJUT BAMBU SERIBU CANDI UNTUK KEMANUSIAAN (Cupu Dalang)

  5. NEGERI DI BAWAH KABUT (Shalahudin Siregar)

  6. PERMATA DI TENGAH DANAU (Andi Hutagalung)

  7. PERSONA (George Arif)


Film Animasi




  1. 1 LANGKAH (Tika Hilda Wahyu)

  2. BLACK JOURNEY (Astu Prasidya)

  3. CULOBOYO MEKITIK (Cak Ikin)

  4. KERIPIK SUKUN MBOK DARMI (Heri Kurniawan)

  5. KITIK (Ardhira Anugerah Putra)

  6. KRAYON (Shela HP)

  7. MITOS (Sena D Adimasjati)


Film Daerah




  1. MANIWAK (Ipong Wijaya – PAPUA)

  2. MENEMBUS LORONG BADAK (Darwin Mahesa – BANTEN)

  3. PEREMPUAN SASAK TERAKHIR (Sandi Amaq Rinjani – LOMBOK)


Penulisan Kritik Film




  1. LOVELY MAN ” Hubungan Absurd Ayah dan Anak ” (Penulis : Krisna M Putra)

  2. JAKARTA HATI ” Warna-warni Wajah Jakarta ” (Penulis : Taufiqur Rizal)

  3. ATAMBUA 39 DERAJAT CELCIUS ” Menonton Budaya Menengok Sejarah Menilik Nasionalisme” (Penulis: Krisna M Putra)

  4. MALAIKAT TANPA SAYAP (Penulis : Arief Kurnia)

  5. ARISAN! 2 “Potret (Impian) Kehidupan Sosial Modern” (Penulis: Imam Santoso)


Penyutradaraan




  1. Eugene Panji (Cita-citaku Setinggi Tanah)

  2. Garin Nugroho (Mata Tertutup)

  3. Gareth Evans (The Raid)

  4. Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man)

  5. Viva Westi (Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya)


Aktor Pemeran Utama




  1. Donny Damara (Lovely Man)

  2. Nicholas Saputra (Postcards From The Zoo)

  3. Reza Rahadian (Test Pack)

  4. Roy Marten (Dilema)

  5. Tio Pakusadewo (Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya)


Aktor (Film Omnibus)




  1. Daud Sumolang (Parts Of The Heart)

  2. Dwi Sasono (Jakarta Hati – “Hadiah”)

  3. Gia Partawinata (Sanubari Jakarta – “Kentang”)

  4. Tim Matindas (Sinema Purnama – “Kiosk”)

  5. Tora Sudiro (Kita Vs Korupsi “Selamat Siang Risa!”)


Aktor Pemeran Pembantu




  1. Butet Kertaredjasa (Soegija)

  2. Fuad Idris (Tanah Surga, Katanya…)

  3. Ramon Y Tungka (Cinta Di Saku Celana)

  4. Ray Sahetapy (The Raid)

  5. Rio Dewanto (Arisan! 2)


Aktris Pemeran Utama




  1. Acha Septriasa (Test Pack)

  2. Atiqah Hasiholan (Hello Goodbye)

  3. Jajang C Noer (Mata Tertutup)

  4. Nani Widjaya (Ummi Aminah)

  5. Raihaanun Soeriaatmadja (Lovely Man)


Aktris (Film Omnibus)




  1. Dominique A Diyose (Kita Vs Korupsi “Selamat Siang, Risa!”)

  2. Gesata Stella (Sanubari Jakarta – “Pembalut”)

  3. Luna Maya (Hi5teria – “Kotak Musik”)

  4. Revalina S Temat (Kita Vs Korupsi “Aku Padamu”)

  5. Shahnaz Haque (Jakarta Hati – “Darling Fatimah”)


Aktris Pemeran Pembantu




  1. Adinia Wirasti (Arisan! 2)

  2. Aida Nurmala (Arisan! 2)

  3. Christine Hakim (Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya)

  4. Meriam Bellina (Test Pack)

  5. Wulan Guritno (Dilema)


Pemeran Pendatang Baru




  1. Annisa Hertami (Soegija)

  2. Billy Sandy (Negeri 5 Menara)

  3. Edward Gunawan (Arisan! 2)

  4. Eka Nusa Pertiwi (Mata Tertutup)

  5. Putri Moruk (Atambua 39 Derajat Celcius)


Pemeran Cilik




  1. Lana Nitibaskara (Ambilkan Bulan)

  2. Maria Resubun (Di Timur Matahari)

  3. M Syihab Imam Muttaqien (Cita-citaku Setinggi Tanah)

  4. Osa Aji Santosa (Tanah Surga, Katanya…)

  5. Risjad Aden (Rumah Di Seribu Ombak)


Skenario




  1. Tri Sasongko (Mata Tertutup)

  2. Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man)

  3. Satriono (Cita-citaku Setinggi Tanah)

  4. Viva Westi dan Emha Ainun Nadjib (Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya)

  5. Daniel Rifki (Tanah Surga, Katanya…)


Tata Kamera




  1. Matt Flanery & Dimas Imam Subhono (The Raid)

  2. Yunus Pasolang (Hello Goodbye)

  3. Teoh Gay Hian (Soegija)

  4. Gunnar Nimpuno (Atambua 39 Derajat Celcius)

  5. Ipung Rahmat Syaiful (Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya)


Penyuntingan Gambar




  1. Cesa David Luckmansyah (Negeri 5 Menara)

  2. Gareth Evans (The Raid)

  3. Arifin (Modus Anomali)

  4. Aline Jusria (Republik Twitter)

  5. Robby Barus (Hello Goodbye)


Ilustrasi Musik




  1. Aghi Narottama, Bemby Gusti, Ramondo Gascaro (Arisan! 2)

  2. Aghi Narottama, Bemby Gusti, Ramondo Gascaro (Garuda Di Dadaku 2)

  3. Dwiki Dharmawan (Mata Tertutup)

  4. Djaduk Ferianto (Soegija)

  5. Andhika Triyadi (Perahu Kertas 1)


Tata Artistik




  1. Ary Juwono (Arisan! 2)

  2. Timothy D Setyanto (The Raid)

  3. Wencislaus (Modus Anomali)

  4. Allan T Sebastian (Soegija)

  5. Fauzi (Perahu Kertas 1)


Tata Suara




  1. Aria Prayogi & Fajar Yuskemal (The Raid)

  2. Khikmawan Santosa (Modus Anomali)

  3. Khikmawan Santosa (Lovely Man)

  4. Satrio Budiono & Trisno (Soegija)

  5. Khikmawan Santosa (The Witness)


Tata Kostum




  1. Isabelle Patrice (Arisan! 2)

  2. Musa Widyatmodjo (Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya)

  3. Aulia Yogyanti (Postcards From The Zoo)

  4. Ve Verdinand (Lovely Man)

  5. Retno Ratih Damayanti (Soegija)


Tata Rias dan Rambut




  1. Darwyn Tse (Arisan! 2)

  2. Jerry Octavianus (The Raid)

  3. Jerry Octavianus (Dilema)

  4. Cika Landis, Susanti, Tweety (Hi5teria)

  5. Eba Sheba (Lovely Man)


Efek Khusus




  1. Andi Noviandi (The Raid)

  2. Onetone Post, Boras Animation, Anjai-Reza (Mama Cake)

  3. Andi Noviandi (Modus Anomali)

  4. Gaffer (The Witness)

  5. Eddie Cahyono & Kelik Wicaksono (Ambilkan Bulan)


Desain Poster




  1. Jonathan Oh (Jakarta Hati)

  2. Omar Malkisson (The Raid)

  3. Diela Maharanie (Postcards From The Zoo)

  4. Sarita Ibnoe (Sinema Purnama)

  5. (Langit Ke 7)


Lagu Tema




  1. “Oh Jakarta” – Cipt. Nia Dinata & Ramondo Gascaro (Arisan! 2)

  2. “Malaikat Juga Tahu” – Cipt. Dewi Lestari (Malaikat Tanpa Sayap)

  3. “Bogor Biru” – SORE (Modus Anomali)

  4. “Perahu Kertas” – Cipt. Dewi Lestari (Perahu Kertas 1)

  5. “Black Glasses” – Cipt. Soon Mung Hyun (Hello Goodbye)


Piala Maya 2012 juga memberikan penghargaan khusus kepada : Gareth Evans, Nani Wijaya, & Ira Maya Sopha.


Sekian daftar semua pemenang dan nominasi. Sampe ketemu lagi di Piala Maya 2013. Kali2 gw bisa jadi 1 dari sekian banyak komite pemilihnya nanti, krn sekarang gw udah gak anti lagi sama Film Indonesia.. Why? Skr FI udah banyak banget film bermutu, gak cuma film2 horror gak jelas.. So, mulai skr gw akan rajin2 nonton FI deh hehehehe..


Piala Maya 2012
twitter: @PialaMaya

Comments

Popular Posts