Sang Kiai (2013)

21 Mei 2013. Mendadak baca status bbm seorang teman yg kerja di website film, lagi ada di epicentrum buat Gala Premiere film. Iseng2 gw ajak ngobrol, berakhir dengan ajakan utk datang. Maklum, gw kan deket banget dr epicentrum, jadi tinggal ngesot deh.. Sebelumnya udah liat di twitter sih kalo ada yg lg di sana, tp gk ada yg ngajakin bareng *huh, pelit!!* wkwkwkwkw


sang kiai


Sang Kiai bercerita tentang KH Hasyim Asyari dalam perjuangannya melawan penjajahan Jepang dan Sekutu. KH Hasyim Asyari alias Kiai (Ikranagara) adalah pendiri pesantren Tebuireng dengan jumlah santri yang sangat banyak. Bersama dengan Nyai Kapu (Christine Hakim) istrinya, ia berjuang dengan semangat dan juga lemah lembut. Salah satu santri yg dekat dengannya adalah Harun (Adipati Dolken). Tetapi Harun karena masi muda, masi penuh emosi. Bertindak gak pake otak, seenak nafsunya sendiri. Beda dengan salah satu putra dari Kiai, Wahid Hasyim (Agus Kuncoro) yg selalu berusaha mencari jalan tengah dalam setiap masalah.


Kiai bertemu dengan Husyein (Dimas Aditya) seorang penterjemah yg bekerja sama dengan Jepang. Kata2 Kiai mengetuk hati Husyein sebagai muslim yang tidak pernah terpanggil saat mendengar adzan. Saat melawan Sekutu, Husyein pun menjadi salah satu pejuang yang bergabung dengan santri2 lainnya untuk berperang. Bahkan satu saat ia pun menjadi orang yg mengumandangkan indahnya adzan.


Banyak banget hikmah yg bisa diambil di film ini. Ada beberapa adegan yg bikin gw menitikkan air mata, bahkan ada yg sampe bikin gw hampir sesenggukan, kalo gak inget sebelah ada orang hehehe.. Ikranagara bagus banget bermain jadi Kiai. Kebapakan dan sangat bijaksana mengajarkan ilmu2 buat para santri-nya. Pas gw ajak foto pun, beliau yg lg sibuk, masi menyempatkan diri bbrp detik utk berfoto. Christine Hakim gak usah diragukan. Best performance. Ada adegan tanpa suara, hanya tersenyum haru menatap Kiai, udah bisa bikin gw meneteskan air mata. Aslinya juga ramah :) Agus Kuncoro dan Dimas Aditya, sesuai banget porsinya main di sini. Gak sempet foto sama Agus Kuncoro tp Dimas Aditya welcome banget diajak foto bareng. Adipati Dolken. Lumayan aktingnya. Tapi sepanjang film keliatan agak bungkuk entah kenapa. Sayang banget 2 kali gw mo ajak foto bareng, 2 kali gw ditinggal jalan. Attitude-nya gk gitu bagus. Tp emang gw gak ngefans sih. Mukanya kan segitu aja :) *kenapah jadi curcol? kenapaaaaaaah???*


Lucunya, gw terpesona sama akting Ernest Samudera. Berperan sebagai Abdi, salah satu santri di Pesantren Tebuireng, Ernest mampu bikin gw ngakak, ketawa ketiwi, sedih, sampe meneteskan air mata. Ekspresinya bener2 bikin gw terkagum2. Orang aslinya lebih ganteng drpd di pelem. Ihiiiiy. Meriza Febriyani memerankan Sari, istri Harun, pinter juga mainnya. Gw suka sih, sederhana tp berkarakter.


Film ini diawali dengan sedikit humor, masuk ke bagian menegangkan saat penjajahan Jepang mulai menangkap2 para kiai disertai penyiksaan2nya, lalu diakhiri dengan kelegaan saat Indonesia berhasil mengusir semua penjajah dari negeri kita ini. Jangan lupa tgl 30 Mei 2013 serentak diputar ya :) ditonton. Bagus. Menyentil sedikit rasa nasionalisme.


semua orang yang melawan penjajah itu pahlawan

Comments

Popular Posts