September "tak lagi" Ceria

2 september 2008
papa gw masuk UGD RS Medistra karena nyeri di dada sebelah kiri, tp diperbolehkan pulang karena menurut dokter jaga tidak ada apa2, kemungkinan hanya kram otot.



3 september 2008
papa gw masuk UGD RS Medistra lagi, ternyata kena serangan jantung, langsung masuk ICCU.
asli gw resah banget. malem gw baru bisa jenguk karena siang gw harus atur supir, babysitter, pembantu, keponakan2, kost2an. kasian papa gw, biasa lincah centil tiba2 harus tidur terus ditusuk segala macam selang infus. gw nangis pas liat papa.



5-6-7 september 2008
jaga paga di RS.

7 september 2008
jam 11 malam mama mertua telepon. papa mertua masuk UGD RS Husada. langsung deh ke sana. papa mertua minta dirawat inap saja. mungkin udah terlalu lemes gara2 muntah2.



8 september 2008
jam 12 malam, papa mertua tertidur. kebetulan gw dan suami gw gak jadi pulang ke apartemen. kami berniat untuk nemenin mama mertua. so, setelah papa mertua tidur, kami semua lebih lega karena akhirnya papa mertua bisa istirahat juga. gw juga cukup senang karena dpt kabar kalo papa gw bisa pindah ke kamar rawat inap setelah selama ini dirawat di ICCU.

9 september 2008
papa mertua gak pernah bangun lagi. ternyata koma. semua shock. gak sangka bisa terjadi hal kaya gini. siang itu papa mertua masuk ICU dan langsung cuci darah. sedih juga, karena selama ini ternyata papa mertua gak mau kasi tau tentang penyakitnya karena takut cuci darah. papa mertua gak mau nyusahin anaknya dengan biaya cuci darah yang tinggi. tapi ternyata setelah koma pun, kokonya suami gw memutuskan untuk cuci darah.



so tragic. di satu sisi papa gw membaik, di sisi lain papa mertua gw memburuk. siang itu gw dan suami pulang. jam 5-an suami gw balik lagi untuk jaga malam di RS Husada. mlm itu gw dpt kabar kalo besok papa gw boleh pulang ke rumah.

10 september 2008
pagi2 suami gw pulang trus tidur sebentar. setelah itu dia antar gw dulu ke RS Husada buat nemenin mama mertua jaga, baru deh dia ke kantor. siang itu gw jaga sampe dijemput suami gw malamnya.

11 september 2008
hari ini gw gak ke RS Husada. mama gw butuh bantuan gw untuk jaga papa di rumah. so gw bawa notebook ke sono. udah lengkap dengan film anak2 yg mo ditonton plus game2 seru. duh, kangen deh dah lama gak ketemu kenken. siang itu gw nunggu dijemput supir. trus beli barang dulu di toko bangunan bareng adik gw. so seharian itu gw jaga papa gw. maen sama kenken. seru2an sama vivi, kevin, ravel en kiki. sore, dianter pulang sama supir. suami gw udah sampe apartemen sih, tapi kasian kalo dia disuruh jemput gw lagi, secara dia mau jaga malam lagi di RS.

12 september 2008
jam 6 pagi suami gw udah sampe apartemen. mandi, makan, siap2 jalan ke kantor. kasian dia, gak sempet tidur lagi. siang itu gw naek taxi ke RS. sampe sono ternyata koko-nya lagi dateng. tp setelah gw dateng, mereka pulang. jadi, sendirian deh gw jaga di sono. malem, suami gw dateng, trus sempet lama di sono, nunggu irene [staff suami gw]. kebetulan sebelum gw pulang, irene telpon kalo mo dateng, jadi gw tunggu deh.

13 september 2008
pagi2 ternyata papa gw masuk UGD lagi karena sesak napas. so gw dianter suami gw ke RS Medistra. terus setelah papa gw udah dirawat dan masuk ke kamar rawat inap, gw balik lagi ke RS Husada. siang itu diputuskan papa mertua mo dipindah ke kamar rawat inap aja. dokter udah bilang, papa mertua gak akan sadar lagi. kondisinya hanya 10%, sisanya dibantu alat. so, suami gw dan kokonya sibuk cari kamar rawat inap. gw sih suggest kamar di paviliun cempaka karena tempatnya enak dan ada sofa bed besar untuk tidur. udah gitu di belakang kamar ada teras yang menghadap ke taman yang luas banget. malam itu, papa mertua dipindah tepat saat gw, suami dan mama mertua pergi ke lokasari buat beli baju putih. malam itu semua nginep.

14 september 2008
suami gw sempet ke kantor agak siang karena ada kerjaan. seharian itu gw cuma di kamar aja. mama mertua sempet pulang. hari ini banyak tamu. sore kokonya baru dateng.

15 september 2008
suami gw ngantor lagi dr pagi. trus jam 3-an dia mampir ke apartemen, ambil selimut dll. setelah itu baru ke RS lagi. hari ini tamu banyak juga. kokonya tapi malem baru dateng. gw juga dpt kabar kalo papa gw udah bole pulang ke rmh lagi.
jam 10 malem kita tidur, kokonya yang jaga. tiba2 jam 11, kokonya bangunin mama mertua dan suami gw. menurut kokonya, nafas papa mertua udah mulai melemah. pada saat gw samperin ranjang papa mertua, hanya nafas terakhir yg gw liat. kita semua langsung merasakan dingin menusuk tulang.
kokonya langsung manggil suster, dan langsung rekam jantung. suster kasi liat gw kalo jantung papa mertua udah berhenti dan tangis gw pun meledak. mama mertua langsung duduk sambil tersedu-sedu. rasanya seperti mimpi. gak sangka papa mertua bakal pergi secepat ini. tepat pukul 23.10, papa mertua meninggal dunia.
setelah itu, dokter datang, lalu jenazah papa mertua dimandikan. dibawa ke kamar jenazah. terus mereka langsung pergi mencari peti mati. gw gak ikut karena udah ketinggalan. akhirnya gw nunggu di RS sampe mereka balik. jam 2 balik ke apartemen. mandi, trus balik lagi ke dwiwarna. sempet pulang ganti celana, trus balik lagi nunggu sambil tidur di mobil.

16 september 2008
jam 7 lebih ke Rumah Duka Husada. malam ini udah malam kembang, karena besok akan berangkat ke pontianak. di sono terus deh, ikut segala upacara, dari acara kedatangan peti, acara siram wewangian, gw sempet kasi makan papa mertua yg terakhir kali sebelum peti ditutup, mama mertua nangis2 saat melihat papa mertua terakhir kali sebelum tutup peti, gw juga histeris, temen papa - ajung suk - lebih histeris lagi. saat siram wewangian pun udah nangis terus. gw udah gak bisa pulang lagi sorenya, karena banyak tamu mulai berdatangan. kokonya sih sempet pulang jam 5 sore utk mandi sekalian jemput istri dan anak2nya. jam 8-an kokonya pulang lagi untuk antar istri dan anak2nya. oiya, cici gw juga dateng dua2nya pas jam 9 lebih. sempet ngobrol sebentar.
akhirnya jam 23:30 setelah acara selesai, gw pulang, mandi, trus tidur.

17 september 2008
jam 2:42 baru bangun. alarm gak bunyi. DAMN! secepatnya beres2 soalnya jam 3 ada upacara pemberangkatan jenazah. jam 2:58 naek taxi, jam 3:10 sampe di Rumah Duka. langsung ikutan upacara, trus berangkat deh ke bandara soekarno hatta.



naik sriwijaya air jam 6 pagi menuju pontianak.



jam 7.25 nyampe di bandara supadio, pontianak.



dr situ langsung menuju sungai duri, lokasi pemakaman yang dekat dengan rumah adik dari papa mertua [sesuk]. perjalanan sekitar 2 jam-an. di perjalanan kami sempat tidur karena lelah sekali setelah sekian lama gak tidur dengan nyenyak. sesampai di rumah sesuk, kami langsung mengadakan upacara. gw naik motor bawa hio ke tempat pemakaman, sedangkan suami gw dan koko-nya jalan kaki di belakang peti. pada saat peti sampai, gw gak bole liat, jadi gw menghadap ke arah pepohonan. setelah itu baru gw ikut upacara pemakaman. diiringi teriknya matahari, upacara pun berjalan lancar. oya, mama mertua nunggu di rumah sesuk, gak bole ikutan upacara. setelah upacara selesai, kami naik mobil menuju rumah sesuk lagi. setelah itu kami mencari makan dan belanja sedikit.

sore kami diantar menuju hotel Orchardz di jalan Gajah Mada.



ini adalah hotel yg kami tempati juga saat ke pontianak bulan mei lalu bersama papa mertua, mama mertua dan cici dari papa mertua [seku]. banyak kenangan di hotel ini. saat gw masuk kamar pun, gw nangis di pelukan suami gw. rasanya sedih mengingat baru 4 bulan yang lalu kami menginap bersama papa mertua di hotel ini.

malam itu kami makan di gang hijas. ada bakmi kepiting yang enak banget. setelah itu sempat beli pisang goreng khas pontianak yang pake srikaya. enak deh. hehehe. trus mama mertua kepingin makan sate ayam di tempat dulu kami pernah makan waktu bareng papa mertua dan seku. gw cuma minum orange juice. suami gw makan mitiau goreng. koko-nya makan sate juga. abis itu, langsung masuk ke hotel dan tidur.

18 september 2008
besoknya abis breakfast, kita minta pak sarwo [supir taxi yang dulu kita pakai saat bulan mei] untuk jemput kita dari hotel menuju bandara supadio. dari situ, kita naik sriwijaya air balik ke jakarta. naik silver bird menuju pulang. di cideng gw lanjut lagi naik express taxi menuju apartemen. cape tapi lega karena urusan hampir beres.

19 september 2008
suami gw kerja seperti biasa. gw seharian nangis terus liat foto papa mertua waktu masi sehat, jalan2 ke bandung di tahun 2006, jalan2 ke pontianak di bulan mei tahun ini. masi hepi. makan masi banyak. gw nangis terus deh. malem pas suami gw pulang juga gw masi nangis. dipeluk terus sama suami gw. katanya, gw gak bole nangis terus. udah harus bisa terima. kasian papa kalo ditangisin terus. yah, akhirnya gw stop juga.

20 september 2008
pagi siap2 dijemput koko-nya, mau langsung ke bandara soekarno hatta. hari ini jalan lagi menuju pontianak, naik lion air.



gw udah booking pak sarwo utk jemput menuju hotel Orchardz lagi. jadi sesampai di pontianak, kami makan dulu, cari cemilan, baru ke hotel. setelah itu tidur siang. gw sih maen internet aja karena emang udah pesen kamar yg bisa wifi. suami gw dan mama mertua jam 2 pagi udah harus berangkat lagi menuju makam papa mertua, makanya gw suruh tidur pagi-an.
malam itu ceritanya mo makan bakmi kepiting lagi, tapi ternyata hujan, jadi gak jadi. akhirnya pesen room service deh. gw pesen nasi goreng special, suami gw pesen sop buntut, mama mertua pesen bakmi kepiting. nyam nyam..

21 september 2008
jam 1:30 mereka berangkat diantar pak sarwo. gw tidur lagi. jam 5:30 gw baru bangun utk breakfast. berhubung masi sepi, kupon gw gak ditagih. so, gw bawa lagi ke atas. untung aja, jadi mama mertua dan suami gw bisa makan pagi deh. jam 8:30 mereka udah balik lagi setelah upacara 7 hari plus pesan batu nisan.
jam 12 check out, terus nunggu deh di bandara supadio untuk naik lion air menuju jakarta. sesampai di jakarta jam 15:45, dijemput dan diantar ke apartemen sama koko-nya. akhirnya bisa juga istirahat setelah sekian hari yang melelahkan. semoga papa mertua gw bahagia di tempatnya yang baru. papa mertua udah gak akan pernah sakit lagi. baik2 ya pa..

Comments

Popular Posts