[MOVIE] Ngeri-Ngeri Sedap

 


Begitu filmnya tayang di bioskop, gw masi sibuk deh ngurusin entah apaan hahaha. Padahal sebelum filmnya nongol, udah liat pas dipost sama Acho. Udah penasaran. Hubby diajakin nonton kaga mau. Dia emang kurang gitu sreg sama drama film Indonesia ya. Entah kenapa. Jadilah gw akhirnya kudu nyari waktu buat nonton sendirian. Enak nonton sendiri? Enakan rame2 lah, tapi gw gak masalah kok sendirian. Rabu ini tgl 22 Juni 2022, gw mo nonton td jam 12 sebetulnya, eh ujan mayan gede. Daripada gw sakit kan, mending gw tunggu besok. Etapi pas jam 2 terang benderang tuh, langsung deh meluncur ke XXI terdekat, trus beli tiket. Film Ngeri-Ngeri Sedap ini disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk. Rumah peoduksinya milik Ernest Prakasa. Jelas bagus!

Gw gatau ini cerita tentang apaan. Gw cuma tau ttg Keluarga Batak, sekilas liat pas nonton trailernya. Itu pun cuma sekilas krn gw emang jarang mau nonton trailer. Cici gw ada yg post review org ttg film ini. Tapi ya itu lah gw, gak bakal baca review sebelum gw nonton. Cici gw yg satunya trus nonton duluan donk. Dan dia blg bagus. Ya gw sih udah tau lah, setelah gw liat jajaran pemainnya, pasti bagus. Emang lagi nyari waktu yg pas nih buat nonton sendiri. Film diawali dengan adegan Pak Domu (Arswendy Beningswara Nasution) duduk2 di lapo bersama teman2 sambil bernyanyi2, lalu saling menceritakan anak2nya.

Pak Domu dan Mak Domu (Tika Panggabean) punya 4 orang anak. Anak pertama, Domu Purba (Boris Bokir) tinggal di Jawa Barat, sudah 6 tahun tidak pulang. Punya calon istri wanita Sunda bernama Neny (Indah Permatasari). Anak kedua, Sarma E. Purba (Gita Bhebhita Butar-butar) menjadi seorang PNS dan tinggal bersama org tuanya. Anak ketiga, Gabe Purba (Lolox) sarjana hukum yang menjadi seorang pelawak, sudah 4 tahun tidak pulang. Anak keempat, Sahat Purba (Indra Jegel), jadi wiraswasta, tinggal di Jogja bersama Pak Pomo (Pritt Timothy), sudah 3 tahun tidak pulang. Kebayang kan kerinduan Mak Domu. Apalagi mereka mau ada pesta adat untuk Oppung dari Pak Domu yg mengharuskan cucu2nya datang. "Kalo gk ada cucu2 datang buat apa aku bikin pesta?" kira2 begitu protes Oppung.

Pak Domu sendiri tidak akrab dengan 3 anak laki2nya. Mereka semua dianggap membangkang. Melawan.  Bagi Pak Domu, seorang Batak harus menikah dengan Batak juga. Pelawak itu pekerjaan yang gak jelas. Anak laki2 bungsu harus tinggal di rumah merawat orang tua. Dan semuanya seperti tidak memihak dirinya. Bahkan Mak Domu pun selalu bilang kalo Pak Domu sudah menjauhkannya dari anak2nya. Apa yang harus dilakukan oleh Pak Domu dan Mak Domu agar anak2nya pulang ke rumah untuk menghadiri acara pesta adat Oppung? Di situlah kisah ini dimulai.

Akting2nya ciamik semua. Arswendy dan Tika jempolan banget jadi bapak dan mamak Batak. Emang beda ya kalo jam terbang udah tinggi hehehe. Lolox pun gak cuma bermain konyol2an seperti selama ini keliatannya. Boris, Gita dan Indra pun sepertinya selama ini bukan di peran utama film2 yg udah gw tonton. Tapi akting mereka yahud semua. Pemain2 lain gak mencuri perhatian gw sih. Jadi emang bener2 cuma mereka ber-6 yang buat gw berakting dahsyat. Tapi emang mereka yang punya peran penting di film ini, jadi gak masalah buat gw kalo yg laen gak menonjol ya. Ada adegan yang paling bikin gw nangis kejar. Adegan saat Sarma.. ah sudahlah.. ditonton saja. Asli bagus banget!

Ini film tentang adat Batak, tapi diceritakan dengan bahasa kehidupan sehari2. Dan menurut gw emang gak cuma adat Batak yang mengalami rintangan2 adat loh. Banyak yang bisa dipelajari dari film ini. Gw baru denger ada istilah urip iku urup. Hidup harus memberikan cahaya bagi orang lain di mana pun kita berada. Bagus kan artinya. Di sini juga kita belajar bahwa jadi orang tua itu harus berkembang, mengikuti perkembangan jaman. Jangan terlalu kolot. Harus dekat dengan anak. Jadi anak pun bisa dekat satu sama lain. Dan satu hal yang harus diingat para orang tua: jangan pernah berhenti belajar.

Semoga berkenan.

Comments

Popular Posts