[MOVIE] Gara-Gara Warisan

 

Minggu lalu deh gw ngeh kalo Gara-Gara Warisan tayang 30 April 2022 di bioskop. Seperti biasa gw langsung info hubby. "Beb, nonton GGW!! Harus Kudu Musti! Ini yg bikin si Yuyun!!" Hubby udah apal paporit gw hahaha. Tiap ada reels baru dari Acho pasti gw lgs pasang, dan kasi dia nonton sambil gw ngakak2. Nah, kali ini Acho jadi sutradara sekaligus writernya. Perdana nih dia. Tapi gw gak ragu sih. "Pasti bagus!" dengan pede gw komen ke hubby. Akhirnya setelah paginya ke Pamulang dan Bintaro, pulang dari sana dalam kondisi hujan lebat, mampirlah kami ke Kuningan City ambil jam tayang 16:15. Oiya, produsernya Ernest Prakasa dan Chand Parwez Servia.

Seperti biasa gw kaga pernah baca review atau sinopsis film sebelum nonton. Jadi gw bener2 gak tau siapa aja yg main, filmnya tentang apa, bahkan kalo pun ada trailer di mana2 gak bakal gw tonton hahaha. So pas masuk bioskop itu mostly gw bener2 fresh baru tau filmnya kaya gimana. Biar berasa surprise aja sih nontonnya hehehe. Film diawali dengan adegan percakapan keluarga kecil Pak Dahlan (Yayu Unru) di Lembang. Lalu dunia berputar cepat, anak2nya sudah dewasa.. dan kisah mereka dimulai dari situ..

Film ini bercerita tentang 3 saudara. Anak pertama, Adam (Oka Antara) sudah menikah dengan Rini (Hesti Purwadinata) dan dikarunia 1 anak laki2. Anak kedua, Laras (Indah Permatasari) bekerja mengelola panti wreda bersama teman dekatnya, Benny (Ernest Prakasa). Anak ketiga, Dicky (Ge Pamungkas) hidup gak jelas bareng pacarnya, Vega (Sheila Dara). Mereka bertiga sibuk dengan problem hidup masing2 tanpa ada kedekatan satu sama lain. Pak Dahlan sendiri tinggal di Lembang dengan istrinya, Ibu Astuti (Ira Wibowo) mengelola Salma Guest House miliknya. Suatu hari Pak Dahlan yang sudah sakit2an memaksa mereka semua berkumpul di rumahnya. Rikues si bapak hanya satu: siapa dari 3 anaknya yg mau membantunya mengurus Guest House? Hmm.. sepertinya mereka bertiga harus bersaing untuk mewarisi Guest House tersebut nih.. So, the battle begins..

Awal nonton gw pikir "Wah, kayanya bakal banyak seriusnya nih pelem.." Ternyata hanya tipu belaka. Filmnya banyak banget bikin ngakak! Astaga gw sampe nangis donk saking lucunya. Jadi di Guest House itu banyak kekocakan yg dibikin oleh 4 staff yang kerja di sana. Ada Wiwin (Aci Resti), Ijul (Lolox), Aceng (Ence Bagus) dan Umar (Dicky Difie). Mereka ber-4 ini yang gak brenti2 bikin ngakak. Belon lagi tingkah tamu2 Guest House yang kadang ajaib. Bener2 humornya menyegarkan sih. Banyak juga yg mewakili peristiwa2 sehari2 yg terjadi di sekitar kita. Seperti istri Adam yang "bekerja" jadi influencer. Ini asli gw ngakak banget krn emang sering nemu contoh2nya di sekitar wkwkw. Oya, ada beberapa nama aktor dan aktris yg cukup gw kenal berseliweran juga, seperti Lukman Sardi, Lydia Kandou, Arie Keriting, Ardit Erwandha, Iyang Darmawan dan ada tokoh terkenal juga ikutan jadi cameo LOL.

Akting2nya udah gak usah diragukan. Hampir semuanya bermain bagus. Tapi pencuri perhatian gw kali ini adalah Hesti Purwadinata dan Dicky Defie. Aduh, mereka lucu banget! Wajar banget gitu aktingnya. Gw gak bisa cerita deh karena ntar jadi gak lucu pas kalian nonton. Beneran natural banget deh. Seakan2 emang mereka aslinya kaya gitu hahaha. Ini pinter banget sih yg casting. Biasanya gw kurang cocok sama pemain "baru" dalam artian belon pernah gw liat aktingnya selama ini. Tapi ini mereka berdua sih cakep dah. Lucu banget nget nget nget! Itu di bioskop kedengeran semua ngakak loh tiap mereka muncul di scene mana pun. Ada2 aja lah tingkahnya.

Well, film ini menceritakan tentang keluarga, tapi fokus di soal warisan. Sudah umum banget kalo warisan terkadang bikin keluarga menjadi saingan satu sama lain. Gara-gara warisan, orang bisa keliatan isi hati yang sesungguhnya. Padahal warisan itu sebetulnya bisa dalam bentuk apa pun. Entah itu warisan uang, entah itu warisan barang, atau hanya warisan kenangan. Masing2 keluarga beda2 lah warisannya. Tapi di film ini kita seperti diingatkan kembali bahwa kita gak bisa tau keluarga seperti apa yang kita dapat. Apakah keluarga yang punya banyak warisan sehingga bisa tinggal dibagi2 sebanyak2nya ke masing2 anak, atau keluarga yang harus menjual 1 asset untuk dibagi rata ke anak2nya, atau bahkan keluarga yang gak bisa mewariskan apa pun kecuali kenangan indah. Yes, kita emang gak akan pernah bisa milih keluarga kita, tapi kita bisa milih mau menjadi keluarga yang seperti apa.

Semoga berkenan.

Comments

Popular Posts